Minggu, 20 Maret 2016

MENGAPA HARUS HIMPUNAN? BIARKAN HIMPUNAN MENJAWAB

Dalam matematika dikenal adanya konsep himpunan. Konsep himpunan menjadi dasar dari semua cabang matematika modern. Banyak pernyataan-pernyataan verbal yang kaku dalam matematika dapat diekspresikan secara jelas, singkat, dan simbolik menggunakan istilah-istilah dan operasi-operasi himpunan. Konsep himpunan bukan hanya sebagai dasar untuk matematika, namun juga untuk ilmu lainnya, misalnya ilmu komputer.
Kenapa harus HIMPUNAN? Karena himpunan memberikan manfaat, bukan hanya bagi lingkungan di sekitarnya, tapi lebih luas dari itu.
Himpunan diartikan sebagai kumpulan benda atau objek yang berbeda yang dapat didefinisikan dengan jelas. Contoh kumpulan yang merupakan himpunan yaitu kumpulan warna lampu lalulintas (merah, kuning, dan hijau). Sedangkan kumpulan yang bukan merupakan himpunan contohnya kumpulan siswa cantik dalam sebuah kelas. Cantik itu relatif, sehingga kita tidak dapat mendefinisikan dengan jelas anggota-anggota dari kumpulan tersebut.
Kenapa harus HIMPUNAN, bukan KUMPULAN atau PERKUMPULAN? Karena anggota-anggotanya jelas terdefinisi.
Dalam teori himpunan juga dikenal adanya Himpunan Bagian atau subset. Suatu himpunan A adalah subset dari himpunan B apabila setiap anggota himpunan A juga menjadi anggota himpunan B. Misalnya Himpunan huruf vokal merupakan subset dari Himpunan abjad Latin. Huruf vokal boleh memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan huruf konsonan, namun satu hal yang pasti bahwa huruf vokal dan huruf konsonan sama-sama merupakan abjad latin.
Kenapa harus HIMPUNAN, bukan IKATAN (menurut kbbi.web.id:  yang diikat, perserikatan, perkumpulan)? Karena dalam himpunan, ada kebebasan untuk berbeda pemikiran, berbeda ide, berbeda mazhab dan perbedaan-perbedaan lainnya. Tidak harus terikat dengan suatu hal atau ciri yang sama. Ada begitu banyak subset karena begitu banyak perbedaan, namun satu hal yang pasti bahwa masih sama-sama terhimpun dalam sebuah wadah yang sama dengan tujuan yang sama.
Itulah kira-kira beberapa jawaban yang mampu diberikan oleh himpunan untuk pertanyaan, “mengapa harus himpunan?”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar