Sabtu, 25 Februari 2023

Soal Matematika Berbasis Literasi (Air Hujan untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari)

Pada tanggal 20 - 23 Februari 2023 lalu, Kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah menyelenggarakakn sosialisasi SOP Asesmen Madrasah sekaligus Bimbingan Teknis Penyusunan Instrumen Asesmen Madrasah. Dalam Sosialisasi dan Bimtek tersebut disampaikan bahwa tahun ini, Instrumen Ujian Tertulis Asesmen Madrasah berupa soal-soal yang berbasis literasi. Pola soal ini mirip dengan pola soal AKMI.

Berikut adalah salah satu contoh soal matematika berbasis literasi untuk materi Peluang. Soal ini  saya buat ketika mengikuti seleksi penulis soal AKMI Tahun 2022. Jika ada kekeliruan dalam soal ini, mohon kritik dan sarannya. Sebab saya sendiri tidak tahu, benar atau tidaknya soal ini. Tapi yang pasti soal ini mengantarkan saya lolos seleksi tersebut ke tahap berikutnya.


Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

1. Diberikan narasi yang berkaitan dengan volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks lokal. Peserta didik dapat menerapkan konsep volume bangun ruang untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.

2. Diberikan narasi yang berkaitan dengan volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks lokal. Peserta didik dapat menerapkan konsep volume bangun ruang untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.

3. Diberikan narasi yang berkaitan dengan volume bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks lokal. Peserta didik dapat membuat justifikasi terhadap masalah yang diberikan.

1. L2

2. L2

3. L3

1. BS

2. PG Kompleks

3. PG



Air Hujan untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari

Desa Alila Selatan di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang warganya memanfaatkan air hujan untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Hingga kini belum ada aliran air dari PDAM. Sumber mata air berada sekitar empat kilometer dari desa. Tidak terlalu jauh jaraknya namun untuk sampai ke sana harus menuruni tebing yang cukup terjal dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, warga hanya akan ke sana jika persediaan air hujan di rumah sudah menipis.


Pemerintah memberikan bantuan tandon air berbentuk tabung kepada hampir seluruh rumah di desa ini. Tandon ini digunakan warga untuk menampung air hujan. Gambar 1. adalah tandon air yang diberikan oleh pemerintah pada warga.
Hambatan lainnya yang dialami warga adalah curah hujan di Kabupaten Alor yang sangat rendah selama 6 bulan sebagaimana terdapat dalam Gambar 2. Hal ini menyebabkan warga Desa Alila Selatan sangat hemat dalam penggunaan air bersih terutama saat bulan-bulan kering.

Keterangan:

a. Bulan Kering: bulan dengan curah hujan lebih kecil dari 60 milimeter

b. Bulan Basah: bulan dengan curah hujan lebih besar dari 100 milimeter

c. Bulan Lembab: bulan dengan curah hujan antara 60-100 millimeter

Sumber: https://ntt.bps.go.id/indicator/151/64/1/jumlah-curah-hujan-menurut-kabupaten-kota-dan-bulan.html

Gambar 2. Curah Hujan di Kabupaten Alor Tahun 2021

Rata-rata penggunaan air warga Desa Alila Selatan untuk kebutuhan sehari-hari dapat dilihat dalam Gambar 3. Selama bulan kering, warga menggunakan air di tandon hanya untuk mandi pagi, wudhu, BAK, dan BAB. Mandi sore dan mencuci pakaian dilakukan di sumber mata air. Sepulang dari mandi dan mencuci pakaian mereka membawa kurang lebih 20 liter air untuk kebutuhan makan dan minum. Air tersebut tidak ditampung dalam tandon air, melainkan dalam wadah yang berbeda.

Soal Nomor 1
Tentukan apakah pernyataan-pernyataan berikut ini benar atau salah!

1. Volume satu tandon air sama dengan volume 500 ember.

2. Volume satu ember air sama dengan volume 10 gayung air.

3. Volume air untuk satu kali mandi sama dengan satu kali BAB. 

4. Volume air untuk lima kali wudhu sama dengan satu kali mandi.



Soal Nomor 2

Dalam sehari, aktivitas satu orang warga menggunakan air dari tandon terdiri dari mandi pagi satu kali, wudhu lima kali, BAK lima kali, dan BAB satu kali.

Volume air dari tandon air yang digunakan satu orang warga dalam sehari sebanyak ….

1. Tiga ember kurang delapan gayung

2. Empat ember kurang dua gayung

3. Tiga ember dan delapan gayung

4. Dua ember dan dua gayung

5. Empat ember


Soal Nomor 3

Di dalam salah satu rumah tinggal tiga orang.  Dalam sehari, aktivitas satu orang menggunakan air dari tandon terdiri dari mandi pagi satu kali, wudhu lima kali, BAK lima kali, dan BAB satu kali. Pada malam hari tanggal 30 Juni 2021, hujan turun dan tandon air mereka penuh.

Tandon mereka akan kosong pada tanggal….

A. 12 Agustus 2021

B. 13 Agustus 2021

C. 14 Agustus 2021

D. 14 September 2021

E. 16 September 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar